Sabtu, 30 Juli 2011

FASILITAS PROGRAM STUDI FARMASI UMM

Sarana dan prasarana yang ada pada Program Studi Farmasi sudah cukup representatif. Hal ini akan menciptakan suasana akademik yang kondusif. Selain itu juga didukung oleh posisi Program Studi Farmasi yang berada di lingkungan medical center collage di kampus II, bersama dengan Kedokteran dan Keperawatan.
Adapun fasilitas-fasilitas yang tersedia antara lain:

1. Gedung Perkuliahan yang menggunakan sarana multimedia

2. Perpustakaan dengan fasilitas digital library

3. Laboratorium-laboratorium yang cukup lengkap

4. Apotek UMC

5. Pusat Pengembangan Bioteknologi

6. Masjid

7. Student Centre

8. Internet dan HotSpot

9. Workshop

10. dan lain-lain

Adapun Laboratorium yang dimiliki yaitu antara lain:

LABORATORIUM PRESKRIPSI



Laboratorium Preskripsi merupakan laboratorium formulasi dasar sediaan farmasi. Laboratorium ini untuk peracikan sediaan obat bentuk padat (termasuk pil dan supositoria), bentuk semisolida, dan bentuk likuida dalam skala apotik. Praktikum yang diselenggarakan di laboratorium ini adalah praktikum preskripsi 1 dan 2.

LABORATORIUM KIMIA TERPADU II



Laboratorium Kimia Terpadu II menyediakan fasilitas yang cukup lengkap baik bahan-bahan kimia, alat-alat gelas, maupun instrumen-instrumen analisis. Alat dan instrumen yang tersedia seperti spektrofotometri ultraviolet-visibel, pH meter, potensiometer, oven, vurnace, melting point, ekstraktor, dan lain-lain. Laboratorium ini digunakan untuk berbagai praktikum mahasiswa farmasi, diantaranya: praktikum Kimia Analisis, Kimia Farmasi Analisis, Kimia Organik, Biokimia, dan Fitokimia. Laboratorium Kimia Terpadu II juga membuka peluang bagi mahasiswa atau dosen di luar farmasi untuk melakukan praktikum atau penelitian baik dari UMM maupun dari luar UMM.

LABORATORIUM FORMULASI SEDIAAN FARMASI


Laboratorium Formulasi Sediaan Farmasi merupakan salah satu laboratorium yang khas bagi Farmasi. Laboratorium miniatur atau small scale dari industri farmasi ini menyelenggarakan praktikum-praktikum, diantaranya: Praktikum Farmasetika Sediaan Solida, Farmasetika Sediaan Likuida, Farmasetika Sediaan Semisolida, dan Farmasetika Sediaan Obat Tradisional. Fasilitas yang tersedia mulai dari alat pengecilan ukuran bahan baku obat dan bahan tambahan, alat pencampuran, alat pengeringan, mesin cetak tablet, dan berbagai alat untuk evaluasi sediaan jadi farmasi. Diantaranya berbagai alat untuk uji kekerasan, uji kerapuhan, uji disintegrasi, dan uji disolusi agar sediaan farmasi yang dihasilkan memenuhi persyaratan.

LABORATORIUM FARMAKOGNOSI

Laboratorium Farmakognosi menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk melatih mahasiswa dalam menganalisis sediaan obat tradisioanal secara mikroskopis. Laboratorium ini digunakan untuk Praktikum Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan dan Praktikum Farmakognosi.

LABORATORIUM FARMAKOLOGI


Laboratorium Farmakologi digunakan untuk praktikum Farmakologi yang diantaranya meliputi uji-uji pra klinik terhadap berbagai obat. Fasilitas yang tersedia diantaranya peralatan analgesimeter, Isolated organ bath, Kymograph recorder, kandang hewan coba, dan ditunjang peralatan multimedia yang canggih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar