Sabtu, 30 Juli 2011

Tentang Farmasi

VISI

Menjadi Program Studi Farmasi terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kefarmasian yang berkeunggulan di bidang farmasi komunitas berbasis pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan daya saing bangsa. Program Studi Farmasi UMM berdiri pada tahun 2006 melalui Surat Ijin Pendirian dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor: 1964/D/T/2006, tanggal 16 Juni 2006. Sebagai program studi baru, pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) di program studi ini mendapat dukungan penuh dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya. Dukungan ini terutama dari staf pengajar yang berkualifikasi Profesor, Doktor, maupun lulusan S2 yang sudah sangat berpengalaman dalam pelaksanaan PBM sesuai MoU Nomor. 100/Jo3.1.20/PP/2006, tanggal 12 Mei 2006. Selain itu pendidik juga berasal dari praktisi yang sesuai dengan kualifikasi bidang masing-masing.

MISI

Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dalam bidang farmasi komunitas.

Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang amanah untuk meningkatkan suasana akademik sehingga dapat mengembangkan kemampuan, keterampilan, dan sikap belajar sepanjang karier.

Menyelenggarakan pembinaan civitas akademik dalam kehidupan islami sehingga mampu beruswah hasanah dalam konteks kefarmasian komunitas.

Menyelenggarakan kerjasama untuk meningkatkan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi kefarmasian dan kelembagaan dengan berbagai pihak baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

TUJUAN

Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap, perilaku ilmiah dan islami, serta memiliki keunggulan dalam bidang farmasi komunitas.

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang relevan di bidangnya dan memiliki peluang yang lebih baik untuk bersaing dalam memperoleh pekerjaan di pasar kerja baik nasional maupun global.

Menghasilkan peneliti inovatif yang mencerminkan pemikiran analitis dan kritis yang mampu memecahkan masalah kefarmasian utamanya di bidang farmasi komunitas. Menghasilkan pengabdi kepada masyarakat yang memiliki kemampuan sebagai ilmuwan dan profesional yang islami dan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

PELUANG KERJA

Apoteker sebagai seorang profesional mempunyai lapangan kerja cukup luas. Khususnya pada pelayananan kefarmasian (pharmaceutical care) di apotik seolah tak terbatas karena setiap Apoteker secara individu dapat membuka apotek tanpa harus terpengaruh oleh pihak lain. Selain itu, Apoteker dapat bekerja di rumah sakit sebagai clinical pharmacy, di industri obat sebagai manager production, manager quality control, di balai obat dan pengawas makanan, lembaga pendidikan, lembaga penelitian, departemen kesehatan, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar